Friday, November 11, 2011

Modifikasi Mitsubishi Lancer Evolution X

Mobil pabrikan dari Jepang yang bermerek Mitsubishi sudah terkenal dengan performa mesinnya lewat varian Lancer Evolution. Terbukti dari kiprahnya di dunia balap. Banyak owner dari Mitsubishi Lancer Evolution di Indonesia maupun di luar negeri yang memodifikasi mesinnya, karena banyaknya parts aftermarket untuk meningkatkan tenaga mesin yang dijual di pasaran dengan berbagai merek. Hal ini merupakan keunggulan dari mobil ini.
Mitsubishi Lancer Evolution X
Tampilan standar dari Mitsubishi Lancer Evolution dari I sampai X bisa dibilang wahh. Bodi yang sporty dan futuristik didukung oleh tenaga mesin yang cukup besar. Apalagi dengan sedikit sentuhan modifikasi seperti Mitsubishi Lancer Evolution X berwarna putih milik Andry Widjaya yang berbuah manis. Walaupun terlihat standar, tetapi larinya tidak standar.
Mitsubishi Lancer Evolution X
Pada bagian exterior, Andre hanya mengganti roda standar Mitsubishi Evolution X nya yaitu mengganti velg standarnya dengan Advan Racing RS berkelir gold. Selain mendongkrak penampilan, velg made in Japan ini terkenal lebih enteng dan kuat. Kemudian velg tersebut dilapisi dengan ban Falken FK452. Sedangkan bagian rem standarnya yaitu Brembo tidak diganti karena dari pabrikannya sudah mumpuni. Selebihnya bagian bodi dibiarkan standar.
Mitsubishi Lancer Evolution X
Bagian interior, Andry rupanya juga sudah cukup nyaman dengan interior Mitsubishi Lancer Evolution X. Dari jok dan stir dibiarkan apa adanya. Hanya segelintir barang seperti indikator tambahan dari Blitz di konsol tengah untuk memonitor voltase listrik, temperature oli, dan boost meter. Shift knob standar digantikan dari merek Carbing. Di Dashboard kanan terdapat HKS EVC yang berfungsi untuk mengatur boost pressure. Untuk menghasilkan suara yang lebih bagus, Andry cukup mengganti head unit dari Alpine untuk menemaninya pada saat mengendarakan mobilnya.
Mitsubishi Lancer Evolution X
Tenaga mesin standar yang dihasilkan Mitsubishi Lancer Evolution X adalah 280HP. Tetapi Andry hanya memaksimalkan apa yang ada. Cukup dengan mengganti intake pipe dan filter kepunyaan ARC agar udara yang dihirup oleh mesin 4B11T bisa lebih lega. Untuk exhaust system, Andry hanya mengganti custom center pipe dan HKS Legamax Premium. “Lumayan bisa naik 4-5HP bos.” ucap Andre, sapaan akrab Andry Widjaya. Untuk menyempurnakan pembakaran pada mesin, Andry cukup melakukan reflash ECU, dan menghasilkan tenaga lebih responsif. Dengan semua ubahan ini, tenaga yang dihasilkan mencapai : “Wah gatau bos, soalnya belum pernah dyno. Mungkin sekitar 15%.” ujar owner dari bengkel.
Mitsubishi Lancer Evolution X
Untuk performa di balap legal, Andry mengaku belum pernah mencoba Mitsubishi Lancer Evolution X nya. “Mau ganti turbo dulu bos, nunggu sebulan dulu hehe. Pengen saya coba di time attack.” bisik Andry. Oke bos, kami tunggu di Time Attack selanjutnya yah.
Data Spesifikasi : Kaki-kaki : Velg Advan Racing RS 18”, Ban Falken FK452 245/40-18. Interior : Indikator Blitz, HKS EVC. Audio : Head Unit Alpine. Mesin : Intake Pipe + Filter ARC, Exhaust System HKS Legamax Premium + Custom Center Pipe, Reflash ECU. Workshop : RD-GR Performance.

No comments:

Post a Comment