Friday, November 11, 2011

Modifikasi Subaru WRX STi, Shift Engineering

Subaru STi sejatinya memang dilahirkan sebagai sedan dengan kriteria mesin bertenga besar yang cukup handal, tetapi sebagai penggila adrenalin dalam dunia adu kecepatan, Steve Pramudita selaku pemilik Subaru WRX STi di kota Gudeg-Jogjakarta, tak langsung puas dengan versi standarnya. Maka dari itu ia mengolah ulang versi standar dari Subaru WRX STi nya agar lebih maksimal baik dalam performa maupun juga tampangnya.

Tak hanya sekadar tampilan yang mendapat renovasi, namun berbagai sektor juga turut kena imbas hawa nafsu modifikasi Steve. Mulai dari eksterior, interior dan tentu dapu pacu guna mendongkrak mesin standar bawaan WRX STi ini. "Memaksimalkan semaksimal mungkin deh pokoknya," canda pria ramah bertubuh minimalis ini.

Bicara maksimal dan kecepatan sudah tentu menuju pada ruang dapur pacunya di bawah bonnet depan. Tak tanggung-tanggung, Steve yang ingin mendapatkan hasil maksimal dari kendaraanya langsung turun tangan sendiri mengerjakannya. Langkah utama guna mendapatkan pasokan tenaga besar diambil dari menempatkan turbo TD05 Hybrid yang tentunya mengeser posisi turbo versi pabrikan. TD05 dipercaya mampu memberikan daya compressor wheel yang jauh lebih mantab ketimbang varian non hybrid.

Selesai dengan urusan itu langsung masuk ke permasalahan ruang bakarnya. Guna mendapatkan hasil terbaik maka piranti blow off dari HKS SSQV II disematkan guna memasok suplai udara dan mendapatkan tekanan udara yang besar yang dihasilkan pada turbo mampu dimaksimalkan begitu juga dengan sistem pembakarannya. Rasanya kurang pas bila jeroan dalam mesin tak ikut digarap sekaligus, oleh karena itu tak salah bila bagian dalaman si STi ini turut digarap juga. Mulai dari klep yang mengambil dari Ferre dan dikolaborasikan dengan per klep Monley, piston yang mengambil dari Arias, cam gear dengan HKS, dan juga perangkat penunjang transmisi berupa kopling Cusco Single Plate yang kesemuanya di garap di workshop Shift Engineering, bengkel Steve sendiri di Yogyakarta.

Pengerjaan yang matang dan instalasi pas alias matching pada sektor pendongkrak tenaga rupanya cukup memberikan buah yang baik, alhasil tenaga pun ikutan melonjak drastis hingga menyentuh 250 Whp saat mengikuti dyno test. Eiitt.....tenaga buas pada kendaraan rupanya kurang asik juga bila tak didukung dengan tampilan mobil yang macho ala kendaraan racing. Demi memberikan efek sporty pada bagian exteriornya, Steve pun memberikan sentuhan modifikasi ala WRX STi yang mengambil dari varian Versi V-nya. Layaknya body kit, grill, rear wing, headlamp dan juga kap mesin total mengalami ubahan yang matang.

Tak lupa sektor interior pun turut diobrak-abrik guna mengentalkan nuansa sport dan kenyamanan dalam berkendara. Tentu selain piranti bertemakan racing seperti plafo, dasboard dan juga pilar yang dibalut dengan Suede black, panel oil presure, boost meter Greddy dan jok depan versi OEM STi with Collin McRae signature edition, stier Nardi dan tuas transmisi STi.

Sedangkan sebagai sarana hiburan sewaktu santai, perangkat lainya yang turut disematkan adalah instalasi audio yang menggunakan Headunit Pioneer AVH 315D, amplifier Harmonic drive 4 channel +Krone 4ch, subwoofer Urone 10", speaker depan Krone dan capbank Symbian IOF yang semuanya terintegrasi dengan kabel Monster. Alhasil, lengkap sudah modifikasi yang dilakukan Steve, mulai dari tampilan luar dalam sampai dengan upgrade performa yang cukup pantas diacungi dua jempol...

Data&Fakta :
Eksterior : Bumpeer depan-belakang, grill, rear wing, kap mesin, sein depan, foglamp, sein belakang face lift Versi-V, Muffler HKS. Interior : plafon suede black, dashboard-pilar suede Stich, panel fuel pressure, oil pressure, boost Greddy, setir Nardi, pedal set Levoc, jok OEM STi with Collin McRae Signature. Audio : Headunit Pioneer AVH 315D, Amplifier Harmonic driver 4 chan+Krone 4Ch, Subwoofer Urone 10”, Speaker Krone, Capbank Symbian IOF, kabel Monster. Kaki-kaki : Pelek SSR type CRS R17”, Advan Neova AD07. Mesin : Air filter HKS, turbo TD05 Hybrid, blow off HKS SSQV II, Intercooler Sparco with custom piping Shift Engineering, busi NGK Iriway 9, timing belt Greddy, ECU STi, Dastek Unichip type Q, cam gear HKS, Kopling Cusco Single Plate, klep Ferr

No comments:

Post a Comment